Rapat Kerja: Ajang Silaturahim, Pertukaran Informasi dan Program seputar UPT Bahasa dalam rangka internasionalisasi kampus.

UPT. Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan Berita, Kegiatan Bahasa Rapat Kerja: Ajang Silaturahim, Pertukaran Informasi dan Program seputar UPT Bahasa dalam rangka internasionalisasi kampus.

Konsorsium Pusat Bahasa Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (KPB – PTKI) melaksanakan kegiatan Rapat Kerja di bumi Etam, Kalimantan Timur. Perhelatan tahunan ini mengangkat tema “Pusat Bahasa dan Internasionalisasi Kelembagaan PTKIN”. Para Rapat Kerja KPB tahun 2024 berlangsung selama 4 hari, pada tanggal 30 April 2024 sampai dengan 3 Mei 2024 dengan tuan rumah pelaksanaan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bahasa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Dr. Eka Sustri Harida, M.Pd. bersama  salah seorang staf UPT Bahasa, Usman, S.Pd.I., yang juga bertugas sebagai Sekretaris UPT Bahasa dan P3K pengembang media pembelajaran mengikuti kegiatan Rapat Kerja ini. Kegiatan Raker ini berlangsung di Hotel Bumi Senyiur Samarinda. Rapat Kerja ini dihadiri oleh lebih dari 25 PTKIN se-Indonesia, mulai dari STAIN sampai UIN dari berbagai daerah, mulai dari ujung Sumatera, Aceh Darussalam sampai ke bumi bagian Timur, Sorong, Papua. Kehadiran para peserta Rapat Kerja dari Pusat Bahasa PTKIN se-Indonesia ini merupakan anugerah yang indah bagi Konsorsium Pusat Bahasa, selain digunakan sebagai ajang silaturahmi tentunya pembahasan program kerja menjadi tujuan utama pertemuan ini. 

Ketua KPB, Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN Malang, Prof. Dr. Muhammad Hamid mengatakan bahwa pusat bahasa memiliki peranan penting dalam rangka mendorong dan mendukung proses internasionalisasi institusi PTKI. Beliau juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) memfasilitasi berbagai program pendukung untuk meningkatkan kemampuan bahasa asing mahasiswa, dosen, tenaga pendidikan, begitu pun alumni PTKI, yang mencakup kedua bahasa asing, Aran dan Inggris. Salah satu program yang dijelaskan oleh Ketua KPB adalah MOSMA (MORA Overseas Student Mobility Awards) yang menyediakan kesempatan bagi mahasiswa aktif dari berbagai program studi di PTKIN untuk mengikuti satu semester aktif di universitas luar negeri. 

Kegiatan Rapat Kerja ini resmi dibuka oleh Rektor UINSI Samarinda, Prof. Dr. Zarqoni, M.Ag., yang di dalam sambutannya memberikan penegasan tentang pentingnya penguasaan bahasa asing dan perlunya pengembangan bahasa dalam konteks internasionalisasi PTKI. Mengutip dari apa yang beliau sampaikan, beliau menyatakan: “Kita harus memperkuat kemampuan bahasa mahasiswa untuk mendukung berbagai program pertukaran pelajar internasional, yang tidak hanya menguntungkan dalam jangka pendek tetapi juga berpotensi membawa dampak positif jangka panjang bagi kemajuan PTKI. 

Keikutsertaan UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan dalam Rapat Kerja kali ini juga dalam rangka mendapatkan sharing program dari berbagai UPT Bahasa, banyak hal dan informasi yang diperoleh termasuk tentang sistem pelaksanaan tes bahasa asing, pembinaan bahasa di UPT Bahasa, pelaksanaan penerjemahan, pelatihan dan lain sebagainya. Hal yang cukup menarik untuk diperhatikan adalah diwajibkannya setiap pusat bahasa atau UPT Bahasa mengelola pelaksanaan pembinaan bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) dalam rangka menyambut internasionalisasi kampus Konsorsium juga memiliki visi untuk menjadikan UPT Bahasa sebagai pendukung kampus dalam rangka menginternasionalisasikan kampus masing-masing. 

Dalam kegiatan Rapat Kerja dilakukan evaluasi program tahun 2023, pembahasan program kerja Konsorsium Pusat Bahasa untuk tahun 2024, serta kelanjutan program PPSL (Program Persiapan Studi Lanjut) ke luar negeri. Kelanjutan penyediaan tes bahasa yang dikelola oleh Konsorsium, serta penerjemahan istilah2 yang digunakan dalam ijazah atau teks akademik. Penyusunan Rencana Tindak Lanjut dari program yang sudah dirancang juga menjadi sebuah keharusan bagi para peserta Rapat Kerja. 

Hasil ringkas dari RAKER KPB tahun 2024 ini dirumuskan ke dalam beberapa poin sebagai berikut:

  1. Memberdayakan fungsi dan peran pusat bahasa di PTKI. 
  2. Standarisasi Tes Kompetensi PTKIN (Arab dan Inggris)
  3. Pelatihan Penerjemah bahasa Arab / Inggris
  4. Membangun jaringan kerjasama internal dan eksternal.
  5. Peluang pelatihan kompetensi guru bahasa Arab / Inggris Madrasah
  6. Pengelolaan pembelajaran BIPA. 
  7. Pemanfaatan peluang beasiswa, PPSL (Program Persiapan Studi Lanjut), LAPP (Language and Academic Preparation Program). 

Rapat Kerja ini diharapkan memberikan warna baru bagi pengelolaan program bahasa di UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan. Setidaknya ada penyegaran program dan kegiatan serta pengelolaan sarana dan prasarana yang dapat dipelajari. Pertukaran informasi dan program dalam ajang Focus Group Discussion tentunya memberikan manfaat yang sangat berarti bagi UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan. Berbenah diri menuju perubahan yang lebih baik menjadi tujuan UPT Bahasa dalam rangka mengembangkan diri dalam mendukung internasionalisasi institusi, khususnya UIN Syahada Padangsidimpuan. 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

NILAI REMEDIA TOEFL DAN TOAFL SESI 1 – 8 MAHASISWA NIM 20
NILAI REMEDIAL TOEFL NILAI REMEDIAL TOAFL
PENGUMUMAN NILAI TOEFL DAN TOAFL MAHASISWA NIM 20 SESI 9 – 16 DAN PERCEPATAN
SIMPOSIUM INTERNASIONAL ELITE 2024 DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
UIN Syahada Padangsidimpuan menghadiri Kegiatan Simposium Internasional ketiga yang digelar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya