Kepala UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan memanfaatkan RAKER KPB PTKI untuk merajut Kerjasama

UPT. Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan Berita, Program Kerja Kepala UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan memanfaatkan RAKER KPB PTKI untuk merajut Kerjasama

Konsorsium Pusat Bahasa (KPB) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menghelat Rapat Kerja di Samarinda, Kalimantan Timur. Kegiatan Raker (Rapat Kerja) ini membawa manfaat yang sangat bermakna bagi beberapa UPT Bahasa, khususnya bagi UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan. Selain menguatkan ukhuwah islamiyah, juga ajang untuk sharing program dan kegiatan. Perhelatan tahunan KPB ini berlangsung mulai Selasa, 30 April 2024 sampai dengan Jum’at 3 Mei 2024 dengan Kepala UPT Bahasa UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Dr. Edy Murdani Z., M.Pd. sebagai Ketua Pelaksana. Seluruh peserta yang hadir merasakan sejuk dan tentram berada di bumi Etam, Kalimantan di bawah pelayanan kepala UPT Bahasa UINSI dan tim. 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Bahasa UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan, Dr. Eka Sustri Harida, M.Pd, merasa bersyukur mendapatkan kesempatan berhadir bersama lebih dari 25 Kepala UPT Bahasa se-Indonesia. Momen berharga ini dimanfaatkan untuk menjaring kerjasama dengan berbagai UPT Bahasa. Kerjasama dapat dibina untuk mengembangkan program kebahasaan di UPT Bahasa masing-masing, saling berbagi informasi seputar UPT Bahasa, dan saling berkontribusi untuk pengembangan kampus masing-masing dalam rangka mendorong internasionalisasi institusi. 

Prof. Dr. Muhammad Abdul Hamid selaku Ketua KPB, Kepala UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN Malang, menyatakan bahwa pusat bahasa memiliki peranan yang urgen untuk mendukung proses internasionalisasi institusi PTKI. Kerjasama yang baik dan intens diantara lembaga akan menjadikan KPB semakin kuat untuk mampu mendorong kampus masing-masing menuju internasionalisasi institusi. 

Rapat Kerja juga diisi dengan penyampaian informasi oleh lembaga penyelenggara tes bahas seperti SUN Education dan Royal English, Kedua lembaga ini sudah diakui keterlibatannya dalam penyelenggara tes TOEFL maupun IELTS, serta pembinaan untuk mengikuti tes dan beasiswa ke luar negeri. Kerjasama dengan kedua lembaga ini juga tentunya juga memberikan benefit bagi UPT Bahasa, karena akan membantu dalam pelaksanaan dan pembinaan tes dan pembinaan. UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan merupakan salah satu UPT Bahasa yang juga tertarik untuk merajut kerjasama dengan lembaga tersebut, dan mencoba mempelajari program yang diusulkan. 

Pada momen rapat kerja ini, UPT Bahasa UIN Syahada Padangsidimpuan berhasil menggaet 10 PTKIN untuk melakukan Perjanjian Kerjasama. Perjanjian Kerjasama yang dilaksanakan dalam rangka mendorong penguatan penguasaan bahasa asing dan pembinaan kompetensi bahasa asing bagi institusi. Penandatanganan PKS tersebut dilakukan bersama UPT Bahasa UIN Imam Bonjol Padang, UIN Batusangkar, UIN Samarinda, UIN Palangkaraya, UIN Mataram, UIN Jember, UIN Tulungagung, UIN Banjarmasin, IAIN Cirebon, dan IAIN Pare-Pare. Penandatanganan PKS tersebut berlangsung disela-sela kegiatan Rapat Kerja KPB, bahkan memanfaatkan tempat-tempat strategis yang ada. 

Dalam Perjanjian Kerjasama tersebut disepakati masing-masing pihak saling membantu untuk peningkatan kualitas sumber daya di Pusat Bahasa serta saling bertukar informasi seputar bahasa dan budaya. Selain itu, tidak menutup kemungkinan para anggota konsorsium pusat bahasa saling melakukan kolaborasi dalam penelitian dan pemberdayaan sumberdaya dan sarana prasarana yang ada di pusat bahasa masing-masing. 

PKS yang telah ditandatangani bersama dalam acara Rapat Kerja ini diharapkan dapat diaktualisasikan ke dalam tindak lanjut yang lebih komprehensif sehingga menjadikan lembaga yang saling membantu untuk kemajuan institusinya. UPT Bahasa kuat bersama Konsorsium Pusat Bahasa dalam rangka mendorong internasionalisasi institusi. 

Tertanda Kepala UPT Bahasa

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

NILAI REMEDIA TOEFL DAN TOAFL SESI 1 – 8 MAHASISWA NIM 20
NILAI REMEDIAL TOEFL NILAI REMEDIAL TOAFL
PENGUMUMAN NILAI TOEFL DAN TOAFL MAHASISWA NIM 20 SESI 9 – 16 DAN PERCEPATAN
SIMPOSIUM INTERNASIONAL ELITE 2024 DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
UIN Syahada Padangsidimpuan menghadiri Kegiatan Simposium Internasional ketiga yang digelar Fakultas Adab dan Ilmu Budaya